Mengatur Jadwal Tidur Bayi

Bayi 1-3 bulan: Atur jadwalnya
Kesibukan menjadi orangtua baru seakan tidak ada habisnya. Belum lagi dengan jadwal tidur Anda yang seringkali terganggu karena kebiasaan bayi yang terbangun di jam yang tidak menentu.

Solusi: Bangunkan bayi Anda pada waktu yang sama setiap pagi, misalnya pukul 6 pagi setiap harinya. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan kapan saatnya ia lapar, lelah bermain, mengantuk, hingga kemudian tidur.


Bayi 3-6 bulan: Ketergantungan

Saat tidur siang, apakah bayi Anda bergantung pada keberadaan Anda untuk selalu berada di sampingnya? Atau, apakah ia bergantung pada botol susunya, selimutnya, atau justru tidak akan tidur tanpa ditimang dan ditepuk? Bukan tidak mungkin ia juga akan bersikap sama ketika ia terbangun di malam hari, lho..

Solusi: Letakkan ia di tempat tidur dan biarkan ia melakukan aktivitas sendiri saat ia sudah mulai mengantuk namun belum tertidur. Perlahan, ia akan menguasai rasa kantuknya sendiri dan tertidur.


Bayi 6-12 bulan: Rutinitas

Kadang tidur siang, kadang tidak. Kadang Anda membiarkannya bermain, namun kadang Anda sampai harus memaksanya untuk tidur.

Solusi: Anda harus konsisten. Jadikan tidur siang sebagai aktivitas rutin dan buatlah beberapa rutinitas yang sama sebelum waktu tidurnya. Misalnya, membaca cerita sebelum tidur.

Leave a Reply