Apakah ada ekspresi CINTA

Menjelang tanggal 14 Februari, mall-mall marak oleh aneka bentuk coklat atau hadiah berwarna pink dan biru. Hari kasih sayang ini memang mendatangkan rejeki bagi para pengusaha yang kreatif.

Biasanya bukan hanya pasangan kekasih yang akan mencari hadiah untuk dipersembahkan kepada pasangannya, tetapi banyak juga mencari hadiah untuk menyatakan kasih kepada saudara atau sahabat karibnya.

Ada perasaan bahagia yang tak terungkapkan dengan kata-kata manakala kita menerima pernyataan kasih dari orang yang kita sayangi. Namun, tidak sedikit juga orang yang suka menunda atau bahkan mengabaikan perasaan kasih itu dan tidak pernah mengungkapkan.

Pada suatu pagi, seorang pengusaha tergesa-gesa berangkat ke kantor. Karena belum sarapan ia singgah di sebuah toko untuk membeli roti. Di toko itu ia melihat seorang anak kecil yang ingin membeli rangkaian bunga, namun uangnya tidak cukup. “Untuk siapa bunga itu Dik?” tanya si pengusaha dengan ramah. “Untuk mama saya Pak, hari ini mama ulang tahun,” jawab bocah itu dengan mimik wajah yang sedih. “Ya ampun, aku lupa kalau hari ini istriku juga ulang tahun. Aku bahkan tidak memberinya ciuman atau ucapan selamat ulang tahun,” gumam si pengusaha di dalam hatinya.

Akhirnya ia memesan bunga dan minta agar pihak toko mengantarkan bunga itu ke rumahnya. Tak lupa ia juga memberi uang kepada si bocah. Setelah membayar semuanya, si pengusaha mengambil mobilnya dan pergi ke kantor.

Belum jauh mobilnya meluncur, ia melihat anak laki-laki tadi berjalan menuju pemakaman umum yang letaknya tidak jauh dari toko itu. Ia pun menghentikan mobilnya dan mengikuti si bocah yang sedang berjalan ke makam yang kelihatan masih baru. “Dik, ini makam siapa?” tanyanya sambil memegang pundak bocah itu. “Makam mama saya Pak. Hari ini mama ulang tahun, tapi mama meninggal dua hari yang lalu. Saya datang ke sini untuk membawa bunga dan mengucapkan selamat ulang tahun sama mama,” katanya diiringi oleh tetesan air bening dari matanya.

Setelah menghibur anak laki-laki itu, si pengusaha segera kembali ke toko dan memutuskan untuk pulang ke rumah. Ia sendiri yang akan memberi rangkaian bunga itu kepada istrinya tercinta. Dengan setengah berlari ia mendapatkan istrinya dan menciumnya seraya berkata, “Sayang, happy birthday. I love you!”

Ada banyak cara untuk mengungkapkan rasa sayang kita setiap hari kepada mereka yang kita sayangi, bisa dengan memberi benda atau makanan kesukaan mereka, menelepon mereka, mencium mereka setiap pagi ketika akan berangkat kerja, dsb. Namun masalahnya adalah, masihkah kita mengungkapkan cinta itu kepada mereka yang kita kasihi atau malah sudah lama tidak lagi menyatakannya? Mengungkapkan rasa sayang merupakan sebuah tindakan pemeliharaan hubungan yang harmonis, di mana pihak yang memberi maupun yang menerima, sama-sama akan mendapatkan kebahagiaan yang melimpah.

By : Manna Sorgawi

Leave a Reply