Membersihkan Tali Pusar

Memandikan bayi baru lahir seringkali membuat banyak orangtua kecil hati. Apalagi di minggu-minggu pertama saat sisa tali pusatnya belum ‘puput’. Pada dasarnya, banyak dokter yang menyarankan untuk tidak memandikan bayi di usia tersebut dengan cara diguyur atau merendam tubuhnya di bak mandi. Bayi cukup dimandikan dengan cara diseka dengan­ waslap.

Bila Anda masih ragu dengan caranya, ikuti saja panduan berikut ini:

– Siapkan dahulu peralatannya seperti: Air hangat dalam baskom ukuran sedang, shampo dan sabun bayi, waslap, dan handuk bayi.

– Buka bajunya perlahan, bungkuslah dengan handuk dan baringkan di atas alas anti air.

– Tutupi bagian tubuhnya yang sedang tidak Anda bersihkan dengan handuk agar ia tak kedinginan.

– Bersihkan kelopak mata bagian atas perlahan dengan waslap yang sudah direndam air hangat dan diperas. Kemudian, lanjutkan dengan membersihkan lipatan-lipatan di leher, tangan dan kakinya.

– Beri sedikit shampo di waslap dan gosok sampai keluar busanya, perlahan usapkan pada kepala si kecil. Bersihkan waslap dan usap lembut kembali kepalanya hingga tak ada busa tersisa.

– Untuk daerah kelamin, bersihkan dari arah depan ke belakang. Jika bayi Anda laki-laki dan belum disunat, tak perlu menarik ujungnya, cukup bersihkan bagian luarnya saja. Begitupun dengan penis bayi yang telah disunat. Jangan lupa membersihkan bagian bawah buah zakarnya.

Lanjutkan dengan memakaikan popok dan baju. Jangan lupa menaruh lipatan popok di bawah sisa tali pusatnya. Bayi pun kembali bersih dan wangi.

 

Sumber : Parenting.co.id

Leave a Reply